Investor Saham

Pasar Modal

Pasar Modal mungkin masih awam di sebagian masyarakat Indonesia. Mereka masih meraba-raba apa sih itu pasar modal.? kalau kata pasar semua masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan pengertian pasar. Sedangkan pasar modal merupakan tempat untuk melakukan jual maupun beli intrumen keuangan baik itu obligasi,saham, reksadana, intrumen derivatif maupun intrumen lainnya. Pasar Modal merupakan tempat pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain, dan sebgai sarana bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan investasi.
Intrumen keuangan yang diperjualbelikan di pasar modal merupakan intrumen jangka panjang (jangka waktu lebih 1 tahun) seperti saham, obligasi, waran, reksadana  dan berbagai instrument derivatif lainnya seperti option, future dll. 
Kegiatan pasar modal dilindungi oleh UU no. 8 Tahun 1995 dimana di definisikan sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran Umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.
Pasar Modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu pertama sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang diperoleh dari pasar modal untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain. 
Pasar Modal juga menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada intrumen keuangan seperti saham, obligasi dan reksadana. Masyarakat bisa menempatkan dana yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik keuntungan dan resiko masing-masing instrumen keuangan. 
Untuk berinvestasi di pasar modal di Indonesia memang belum booming seperti negara-negara maju lainnya, namun saat ini regulator saat ini sedang gencar-gencarnya mengadakan edukasi-edukasi ke masyarakat terkait dengan tata cara berinvestasi di pasar modal. 
Bursa Efek Indonesia adalah tempat masyarakat untuk bertransaksi baik itu untuk menjual maupun pembelian saham.
Untuk diketahui sesuai dengan aturan yang ada di bursa jam perdagangan di BEI adalah :





Dengan mengetahui sedikit informasi terkait dengan pasar modal diharapkan masyarakat bisa melakukan investasi dengan baik dan benar.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Pasar Modal.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pasar Modal Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pasar Modal

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pasar modal
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    pasar modal

    ReplyDelete