Investor Saham

SAHAM

Saham merupakan bukti kepemilikan terhadap perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), atau juga bisa dikatakan Saham merupakan bentuk penyertaan modal seseorang atau pihak badan tertentu di dalam suatu perusahaan atau Perseroan Terbatas. 

Ada beberapa jenis saham yang diakui yaitu :
  1. Saham Preferen (Preferred Stock) merupakan jenis saham yang memiliki hak terlebih dahulu untuk menerima Laba dan memiliki hak laba kumulatif
  2. Saham Umum (Common Stock) merupakan jenis saham yang memiliki hak laba setelah pembagian laba untuk saham preferen dibagikan.
 Keuntungan atau imbal hasil yang didapat bagi orang yang memiliki saham adalah
  1. Deviden, yaitu imbal hasil yang didapat dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham sesuai dengan porsi kepemilikan saham.
  2. Capital Gain yaitu keuntungan atau imbal hasil yang di dapat dari selisih antara harga beli dengan harga jual saham tersebut. 
Sebagai instrumen investasi saham juga memiliki resiko antara lain :
  1. Capital Loss, merupakan kebalikan dari capital gain dimana harga saham hari ini lebih rendah harganya dari saham yang dibeli. Sebagai contoh pada tanggal 6 Juni 2015 kita membeli saham AXI dengan harga 2000/lembar saham. Tiga bulan kemudian harga sama AXI menjadi 1500/lembar saham, sehingga kita mengalami kerugian sebesar 500/lembar saham. 
  2. Resiko Likuiditas terjadi apabila saham yang kita miliki dinyatakan bangkrut oleh pengadilan atau perusahaan tersebut dibubarkan. Dalam hal ini hak klaim dari pemegang saham mendapatkan prioritas terakhir,setelah semua kewajiban-kewajiban perusahaan dipenuhi. 
Dipasar sekunder dilantai Bursa Efek Indonesia dalam aktifitas saham sehari-hari saham mengalami fluktuasi baik berupa kenaikan maupun penurunan. Pembentukan harga saham tersebut terjadi karena permintaan dan penawaran saham tersebut. 
Untuk anda yang berminat untuk berinvestasi saham anda bisa belajar dahulu cara bertransaksi pembelian saham di kantor-kantor cabang BEI di seluruh Indonesia. 
Dan harus di ingat yah ! investasi saham untuk jangka panjang, maka pilihlah saham-saham yang bagus sekiranya bagus menurut anda.
Happy Trading ! 
 

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai saham
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    pasar modal

    ReplyDelete