Investor Saham

Monday, August 7, 2017

Bank Jatim (BJTM) Agustus 2017

Seperti analisa saya sebelumnya yang ditulis dalam post  “ 5 Bulan Bandar Melakukan Distribusi BJTM” pada awal bulan Agustus 2017 terjadi akumulasi yang besar pada saham BJTM atau saham Bank Jatim , yang dilakukan oleh bandar dengan partisipasi ritel nett sell sebesar 46%. Seperti terlihat dalam gambar berikut 
BJTM_MM_DETECTOR Terlihat Top 3 & Top 5 Broker melakukan Akumulasi yang besar pada saham BJTM atau Saham Bank Jatim pada tanggal 1 Agustus 2017 harga langsung menyentuh 675 dan closed di 670.  3 Hari setelah akumulasi yaitu tanggal 2-4 Agustus 2017 bandar melakukan big distribusi saham BJTM dengan rata rata harga 658 dengan partisipasi ritel sebesar 5% artinya saham BJTM atau saham Bank Jatim yang kemarin di akumulasi masih belum sepenuhnya di distribusi ke ritel namun harganya sudah menyentuh level di bawah harga akumulasi kemarin closed selama 3 hari distribusi yaitu 645.
seperti terlihat dalam gambar berikut
distribusi_bjtm  Jalan satu-satunya bagi bandar agar bisa melakukan distribusi adalah dengan mengakumulasi lagi saham BJTM atau saham Bank Jatim ini agar harganya bisa naik seperti terlihat dalam gambar berikut 
massive akumulasiPada tanggal 7 Agustus 2017 Bandar kembali melakukan akumulasi saham Bank Jatim atau saham BJTM secara massive diharga 659 dengan partisipasi ritel 36% harga kembali melonjak ke level 665,kecil kemungkinan bandar akan melakukan distribusi saat ini karena harga saat ini closed di kisaran harga akumulasi bandar. Kemungkinan bandar akan melakukan akumulasi kembali untuk mengerek harga saham BJTM atau saham Bank Jatim ke level 670 – 685 agar bisa dengan leluasa melakukan distribusi kembali.
Terlihat dalam grafik metastock pergerakan saham BJTM atau saham Bank Jatim seperti ini
BJTM_AGUSTUS
Setelah melakukan analisa seperti ini saya mengasumsikan harga saham BJTM atau saham Bank Jatim kemungkinan akan kembali menyentuh level diatas 700 di masa yang akan datang karena setiap bandar melakukan akumulasi tidak lama kemudian harga langsung di turunkan dengan tujuan ritel langsung jualan, namun bandar mengakumulasi barang secara perlahan-lahan. 
Saya sendiri sangat tertarik untuk mengakumulasi saham BJTM atau saham Bank Jatim ini karena mempunyai fundamental yang bagus dan perusahaan milik pemda Jatim. Berikut ratio BJTM per Juni 2017
fundamental bjtm
Terlihat PER Saham BJTM masih 6.73x dan EPS kisaran Rp.99 menurut saya masih tergolong murah untuk saat ini dibandingkan dengan saham sektor perbankan lainnya yang sejenis. Setiap tahun labanya terus tumbuh sedangkan saham yang beredar kurang lebih saham ataupun ada penambahan program ESOP kepada karyawan tahun ini namun penambahan jumlah sahamnya ga terlalu signifikan sedangkan labanya saya perkirakan tahun 2017 ini bisa menyentuh diatas 1 triliunan.
Strategi saya untuk saham ini adalah dengan mengakumulasi terus saham ini diharga 640 ke bawah, dan keep sampai menyetuh harga 850 lagi atau diatasnya, walaupun ga naik-naik toh nanti pembagian devidennya sangat besar dapat dilihat ROE sebesar 18% setahun.


Saya pribadi seluruh porto saya saya investasikan pada saham ini berharap dapat kenaikan harga yang signifikan sampai pembagian deviden nanti di tahun 2018.
Yang paling menarik dari saham ini adalah kepemilikan saham BJTM atau Bank Jatim per Juni 2017 dapat kami tampilkan data sebagai berikut :
Dari data kepemilikan saham tersebut 20.17 % dimiliki oleh publik, dari 20.17% saham publik Badan Usaha memiliki 49.03% sedangkan Ritel Perorangan memiliki 50.97%. Apabila ditelaah lagi 50.97% saham Ritel ternyata Ritel asing mendominasi kepemilikan saham ini dimana Ritel Asing memiliki 60.68% sedangkan Ritel Domestik memiliki kepemilikan sebesar 39.32%.
Menurut saya pribadi dengan data kepemilikan seperti ini saya meyakini harga saham BJTM nantinya bisa melambung tinggi.
Investor asing saja terus mengakumulasi saham BJTM atau Bank Jatim ini untuk portofolio investasinya kenapa kita yang domestik tidak berani berinvestasi di saham ini.
Bagi rekan-rekan ingin sharing silahkan isi dalam komentar yah. Dengan senang hati bisa berbagi dan berdiskusi untuk menambah wawasan kita.
Happy Cuan

0 comments:

Post a Comment