Investor Saham

Wednesday, August 2, 2017

5 Bulan Bandar melakukan Distribusi BJTM

Bank BPD Jatim merupakan emiten Bank Daerah ke-2 yang melantai di Bursa Saham Indonesia. Dengan profit konsisten setiap tahun, menjadi incaran investor asing maupun lokal menempatkan dananya pada saham ini. Kalau tidak salah setiap tahun ROE saham ini sekitar 19% lebih besar dibandingkan dengan deposito maupaun ORI yang dikeluarkan pemerintah Indonesia. Sayangnya hanya segelintir orang Indonesia yang mengerti dengan berinvestasi di pasar modal. Mereka masih takut atau memang tidak mengerti untuk menempatkan dananya pada saham ini. Padahal yang namanya Bank BPD market kredit konsumtif bagi pegawai PNS dan pengelolaan dana Kas Daerah sudah pasti didapatkan. Saya melihat dari bulan Maret 2017 sampai April 2017 harga saham BJTM naik hampir 70%. Setelah mengalami kenaikan yang tinggi,saatnya pemilik saham untuk profit taking dengan melakukan penjualan perlahan-lahan agar profitnya maksimal. Bagi kita investor ritel yang hanya punya ratusan lot ato hanya puluhan ribu lot untuk melakukan penjualan seketika itu tidak akan mempengaruhi harga pasar. Namun bagi seorang Investor Kakap (Bandar) yang memiliki saham BJTM sampai jutaan lot tentunya harus menjual saham yang dimilikinya secara perlahan-lahan untuk mendapatkan average harga tinggi.

Setelah Investor Kakap melakukan profit taking dengan melakukan distribusi saham yang dimiliki sampai menyentuh harga saat terjadi kenaikan sebelumnya, maka jalan yang diambil oleh Bandar yaitu :

1. Apabila saham yang dimiliki masih ada, maka jalan yang diambil oleh bandar adalah dengan menaikan harga kembali ke level tertinggi agar bisa melakukan distribusi kembali

2. Apabila saham yang dimiliki masih ada atau sudah habis distribusi, bandar akan melakukan akumulasi secara perlahan-lahan sehingga pergerakan saham akan sideways berbulan bulan, setelah cukup diakumulasi harga akan terbang seketika.

Seperti terlihat dalam chart Saham BJTM berikut ini. Saya melihat jalan satu-satunya yang harus dilakukan oleh bandar adalah dengan menaikkan harganya ke level 770-800 sebelum di distribusikan kembali ke ritel.

BJTM_02_08

Jikalau tidak terjadi kenaikan ke level 770-800 malah terus turun ke level dibawah 600 saatnya kita sebagai investor ritel untuk membeli saham ini keep selama setahun niscaya profit minimal 50% pasti akan dapat.

Happy Cuan yah..!

0 comments:

Post a Comment